PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK PAKAIAN (MEREK “X”) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DI PT DE

PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK PAKAIAN (MEREK “X”) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DI PT DE
Posted by: admin Kategori Skripsi Manajemen

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian
Dengan semakin meningkatnya laju perekonomian saat ini, disertai dengan pesatnya tingkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka hal ini akan berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Hal ini terjadi seiring dengan semakin cepatnya perkembangan zaman sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi selera konsumen dalam memilih barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan bervariasinya produk yang ditawarkan di pasaran ini akan membuat konsumen harus lebih selektif dalam memilih suatu produk atau jasa. Konsumen akan mulai melihat suatu merek apa yang paling mampu memenuhi kebutuhannya sehingga kemudian akan sampai pada tahap dimana seorang konsumen memilih untuk mengkonsumsi suatu produk tidak hanya berdasarkan fungsi dasarnya (Primary Demand) saja, tetapi hal ini berkembang menjadi keinginan sekunder (Secondary Demand) yaitu keinginan untuk mengkonsumsi suatu produk dengan merek tertentu yangdapat memenuhi kebutuhannya.

Adapun kebutuhan masyarakat akan suatu produk yang sama dapat dipenuhi oleh berbagai macam variasi produk sejenis dengan merek berbeda. Kondisi ini memberikan peluang bisnis bagi para pengusaha untuk menciptakan suatu produk yang sejenis, tetapi dengan merek dan keunggulan berbeda, sehingga alternatif suatu produk sejenis yang ditawarkan di pasaran lebih beragam jenisnya. Oleh karena itu dalam memenangkan persaingan, perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk produk yang dihasilkannya. Di antara sekian banyak strategi pemasaran, perusahaan dihadapkan pada keputusan pemberian merek atau brand. Brand merupakan suatu simbol, desain khusus, rancangan atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang dan jasa dari seseorang atau sekelompok penjual dan membedakannya dari produk pesaing. Dengan adanya brand atau merek juga akan lebih memudahkan para konsumen untuk mengingat suatu produk jika konsumen melakukan pembelian ulang.

Dewasa ini salah satu jenis industri yang mengalami perkembangan yang cukup pesat adalah industri garmen, hal ini dapat dilihat dari semakin beragamnya jenis-jenis pakaian yang ditawarkan di pasaran. Sejalan dengan kemajuan di bidang industri garmen, khususnya dalam dunia fashion saat ini telah banyak merek-merek pakaian yang dijual di pasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Salah satu produk tersebut adalah produk pakaian (merek “X”) yang telah lama dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dalam memasarkan produknya, perusahaan selalu berusaha untuk menjaga kualitas dan mutu produknya sehingga kemudian produk pakaian ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, selain itu juga produk “X” terus berusaha agar tetap unggul di antara para pesaingnya yang menawarkan produk sejenis. Untuk itu perusahaan harus dapat menonjolkan keunggulan-keunggulan yang ada di produk pakaian “X”, sehingga keunggulan-keunggulan tersebut dapat mempengaruhi persepsi para konsumen melalui apa yang mereka rasakan dalam menggunakan produk pakaian tersebut, dan diharapkan konsumen dapat menilai bahwa produk pakaian ini dapat memenuhi kebutuhan mereka dan di kemudian hari akan lebih memilih menggunakan produk pakaian dengan merek “X” daripada produk dengan merek yang lain.

Dalam proses keputusan pembelian, perilaku konsumen juga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, karena pasar yang dihadapi oleh perusahaan adalah pasar konsumen, dimana konsumen mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam menentukan terjadinya suatu keputusan pembelian. Banyak hal yang membuat suatu produk tetap survive selama bertahun-tahun dipasaran. Brand yang baik merupakan salah satu asset bagi perusahaan, karena brand tersebut mempunyai suatu dampak pada setiap persepsi konsumen, dimana masyarakat akan mempunyai kesan positif terhadap produk dan perusahaan. Dan untuk mempertahankan dan meningkatkan pasar konsumen, diperlukan image dan persepsi yang baik terhadap produk dan perusahaan. Image/citra yang dibutuhkan suatu produk adalah apabila produk tersebut mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, yaitu dengan cara membuat dan mengembangkan produk sesuai dengan harapan dan selera konsumen, mutu dan kualitas yang terjamin dan sistem penyampaian produk sehingga konsumen dapat dengan mudah memperoleh produk-produk tersebut.

Brand image itu sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai sekumpulan asosiasi yang terbentuk pada konsumen, sebagai hasil dari pengalaman dari orang yang sudah mengkonsumsi suatu produk. Oleh sebab itu pengalaman konsumen merupakan faktor terpenting dalam membangun brand image, karena dari pengalaman tersebut seorang konsumen dapat merasa puas/ tidak puas akan suatu produk dan kemudian dapat memberikan penilaian terhadap produk tersebut. Selain itu brand image juga merupakan hal yang sangat penting karena brand image merupakan salah satu faktor yang dapat membuat seorang konsumen untuk tetap loyal terhadap suatu merek tertentu.

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan menyajikannya dalam suatu kerangka ilmiah berupa skripsi yang berjudul “Pengaruh Brand Image Produk Pakaian (merek “X”) Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Di PT DE.”

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas penulis dalam menganalisis tentang pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian ulang, maka penulis membatasinya dengan identifikasi masalah sebagai berikut: “Bagaimana tanggapan konsumen tentang dimensi pembentuk atribut brand image pada produk pakaian (merek”X”). 2.Seberapa besar pengaruh brand image produk pakaian (merek “X”) terhadap keputuan pembelian ulang di PT DE?”.

pengaruh merek terhadap keputusan pembelian, dimensi brand image, jurnal pengaruh merek terhadap keputusan pembelian, strategi pemasaran pakaian, strategi pemasaran produk pakaian, pengaruh merk terhadap keputusan pembelian, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian suatu produk, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen, jurnal pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen, pengaruh merek, jurnal pengaruh brand image

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.
abnormal return analisis pengaruh analisis per analisis rasio bauran bauran pemasaran biaya modal biaya produksi cara inflasi ipo karyawan kepemilikan saham kepuasan konsumen keputusan pembelian keuangan perusahaan kewajiban kinerja keuangan kinerja keuangan perusahaan kompensasi kualitas pelayanan laporan keuangan perusahaan leverage manajemen perusahaan nilai perusahaan pajak penghasilan pasar modal pengendalian intern pengungkapan perusahaan manufaktur rasio keuangan roa sistem informasi spi standar akuntansi keuangan start tenaga kerja terhadap harga saham tingkat pendidikan ukuran perusahaan usaha kecil volume penjualan volume perdagangan volume perdagangan saham web

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »