RUANG LINGKUP DAN ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL

RUANG LINGKUP DAN ANALISIS
MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL

Diajukan untuk memenuhi tugas Matakuliah Manajemen Pemasaran Internasional semester VI
Dosen : Surianti, SE


Oleh :
RAMA YOGA MANGGALA
NIM : 201020107054

FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN
UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU
Jalan Ir. H. Djuanda KM.3 Singajaya Indramayu
2010




KATA PENGANTAR



Bismillahirohmanirohim,
Atas berkat rahmat Allah SWT, saya masih diberi kenikmatan dan anugerah yang begitu amat sangat banyak untuk melihat indahnya dunia. Sehingga atas karunia dan hidayahnya saya dapat mengerjakan makalah ini dengan semaksimal mungkin.
Dalam melakukan segala kegiatan perusahaan, hal yang terpenting adalah melakukan kegiatan pemasaran. Karena factor yang mempengaruhi sukses tidaknya perusahaan itu dilihat dari pemasaranya. Banyak perusahaan yang bonafit karena dalam melakukan manajemen pemasarannya tepat pada sasaran. Apabila pesaran yang dilakukan sukses di dalam negeri maka perusahaan itu biasanya melakukan expansi ke luar negeri. Apalagi sekarang sudah memasuki era pasar globalisasi dan pasar bebas. Maka kita harus mampu bersaing dengan produk luar negeri. Oleeh karena itu sebelum melakukan kegiatan pemasaran inter nasional maka kita harus memepelajari ruang lingkup dan analisis manajemen pemasaran internasional agar sasaran dan tujuan dapat tercapai sesuai denagn yang diinginkan.
Demikian kata pengantar yang dapat saya buat, kritik dan saran yang sifatnya membangun akan saya terima dengan sebaik-baiknya. Terimakasih.

Indramayu, April 2010
Rama Yoga Manggala




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam melakukan segala kegiatan perusahaan, hal yang terpenting adalah melakukan kegiatan pemasaran. Karena factor yang mempengaruhi sukses tidaknya perusahaan itu dilihat dari pemasaranya. Banyak perusahaan yang bonafit karena dalam melakukan manajemen pemasarannya tepat pada sasaran.
Apabila pemasaran yang dilakukan sukses di dalam negeri maka perusahaan itu biasanya melakukan expansi ke luar negeri. Apalagi sekarang sudah memasuki era pasar globalisasi dan pasar bebas. Maka kita harus mampu bersaing dengan produk luar negeri. Oleeh karena itu, sebelum melakukan kegiatan pemasaran inter nasional maka kita harus memepelajari ruang lingkup dan analisis manajemen pemasaran internasional agar sasaran dan tujuan dapat tercapai sesuai denagn yang diinginkan.
Dalam hal ini diperlukan bahan dan metri yang sangat mendukung agar semua yang berkaitan tentang pemasaran internasional dapat terangkum dalam satu resume singkat padat dan jelas. Dalam resume ini diketik lengkap dan dipilih secara ringkas agar para pembaca resume ini dapa mengerti dengan jelas apa yang dibaca dalam resume ini.





BAB II
TINJAUAN TEORITIS



A. Ruang Lingkup dan Analisis Pemasaran Interansional
Pemasaran Internasional adalah kinerja dari aktivitas-aktivitas bisnis yang dirancarang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mengarahkan barang dan jasa perusahaan kepada pelanggan di lebih dari satu negara untuk mendapatkan keuntungan.

Globalisasi Ekonomi telah mengubah ekonomi modern yang telah dilakukan selama ini. Sehingga efisiensi, produktivitas, dan pasar terbuka semakin menuntut perusahaan untuk turut serta melakukannya. Ekonomi, Teknologi, Kekuatan Kebijakan Politik dan kekuatan demografis akan menjadibagiandari ekonomi global baru. Konsep, Proses dan Prinsip Pemasaran yang bisa diterapkan di seluruh penjuru dunia

a. Tugas Pemasaran Internasional :
• Perusahaan yang akan melakukan pemasaran internasional harus melaksanakan tiga penangangan lingkungan berbeda yang simultan.
• Sebagian lingkungan dapat dikontrol oleh perusahaan, namun sebagian lainnya hanya sedikit saja yang bisa terkontrol
• Lingkungan tersebut terdiri dari Lingkungan Perusahaan, Lingkungan Domestik dan Lingkungan Asing

b. Faktor Keputusan Pemasaran
Faktor-faktor ini berada pada lingkungan perusahaan dimana pemasar dapat mengendalikannya. Faktor-faktor tersebut adalah:
• Price
• Promotion
• Product
• Place (Channels of Distribution)

Selain itu ada tiga keputusan dasar yang harus dihadapi manajemen pemasaran internasional:
• Apakah perusahaan bakal turut serta dalam aktivitas-aktivitas pemasaran internasional
• Seandainya perusahaan memutuskan ingin menggelar lapangann di kancah internasional maka harus diambil keputusan menyangkut pasar specific yang hendak dilayani.
• Perusahaan mesti memutuskan bagaimana melayani pasar tersebut yakni metode atau system apa yang akan digunakan untuk menyampaikan produk-produk atau jasa ketangan para konsumen di Negara-negara asing.


Berikut adalah Chapter Learning Objectives dalam ruang lingkup pemasaran :
• 1. The changing face of business
• 2. The scope of the international marketing task
• 3. The increasing importance of global awareness
• 4. The progression of becoming a global marketer
• 5. The importance of the self-reference criterion (SRC) in international marketing

Gejala millennium baru yang terjadi dalam pemasaran internasional :
• Knowledge Society
• Continuous Technology Innovation
• Global Value Lifestyle
• Surprising and Unlimited Business Opportunities
• Rapid Development of the New-Gen

c. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tugas manajemen pemasaran internasional di bagi menjadi dua yaitu :
1. Faktor Lingkungan Domestik
Faktor-faktor ini meliputi hal-hal yang melibatkan kebijakan asing domestik yang mempengaruhi keputusan pemasaran. Faktor-faktor tersebut cenderung tidak pasti, sekalipun ada beberapa yang bisa dikendalikan.

Faktor-faktor tersebut adalah:
• Kekuatan Politik/Hukum
• Iklim Ekonomi
• Struktur Persaingan
2. Faktor Lingkungan Asing.
Faktor-faktor ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan asing yang mempengaruhi keputusan pemasaran. Faktor ini cenderung tidak pasti dan sulit sekali untuk dikendalikan. Factor-faktor tersebut adalah :
• Political/Legal Forces
• Cultural Forces
• Geography and Infrastructure
• Structure of Distribution
• Level of Technology
• Competitive Forces
• Economic Forces




BAB III
PENUTUP





A. Kesimpulan
Pemasaran Internasional adalah kinerja dari aktivitas-aktivitas bisnis yang dirancarang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mengarahkan barang dan jasa perusahaan kepada pelanggan di lebih dari satu negara untuk mendapatkan keuntungan.
Tugas Pemasaran Internasional :
 Perusahaan yang akan melakukan pemasaran internasional harus melaksanakan tiga penangangan lingkungan berbeda yang simultan.
 Sebagian lingkungan dapat dikontrol oleh perusahaan, namun sebagian lainnya hanya sedikit saja yang bisa terkontrol
 Lingkungan tersebut terdiri dari Lingkungan Perusahaan, Lingkungan Domestik dan Lingkungan Asing
Faktor yang mempengaruhi Manajemen Pemasaran Internasional
 Faktor Lingkungan Domestik
Faktor-faktor ini meliputi hal-hal yang melibatkan kebijakan asing domestik yang mempengaruhi keputusan pemasaran.
 Faktor Lingkungan Asing.
Faktor-faktor ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan asing yang mempengaruhi keputusan pemasaran. Faktor ini cenderung tidak pasti dan sulit sekali untuk dikendalikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »