Materi
2 OPTIMASI EKONOMI
Maksimisasi Laba dan Maksimisasi Nilai Perusahaan
Hubungan antara Nilai Total, Rata-Rata dan Marginal
Konsep Turunan (Derivatif) untuk Nilai Marginal
Konsep Matematis Kalkulus Diferensial untuk Optimasi Ekonomi
Optimasi Multivariat
Optimasi Terkendala
MAKSIMISASI LABA DAN MAKSIMISASI NILAI PERUSAHAAN
Tujuan Utama manajemen adalah maksimisasi nilai perusahaan.
Untuk jangka pendek, maksimisasi nilai perusahaan adalah maksimisasi laba.
Laba = Total Revenues – Total Costs
= TR – TC
Total Revenue (TR) didapatkan dengan hasil perkalian antara harga produk dengan
kuantitas penjualan, yakni:
TR = P x Q atau TR = f (Q); dimana P konstan.
Harga (P) dan variabel Q, hubungan fungsional dapat ditunjukkan dengan cara:
a. Persamaan
TR = f (Q) atau TR = P x Q; dimana P konstan sebesar $1.50, maka
TR = $1.50 x Q
b. Tabel
Materi 2. Optimasi Ekonomi 8
Contoh: TR = $1.50 x Q
Tabel Fungsi Revenue (TR)
Asumsi:
(1) Price (P) adalah konstan
(2) TR = P x Q
(3) Q jumlah unit yang dijual
Q TR
1 1.50
2 3.00
3 4.50
4 6.00
5 7.50
c. Grafik
Ketika P = $ 1.50, kenaikan satu
unit dalam jumlah yang dijual akan
meningkatkan pendapatan total
sebesar $1.50.
HUBUNGAN ANTARA NILAI TOTAL, RATA-RATA DAN MARGINAL
Hubungan Nilai Total, Nilai Rata-Rata dan Nilai Marginal sangat penting dipahami dalam
analisis optimisasi ekonomi
Nilai Total adalah nilai yang diperoleh dalam suatu variabel terikat karena suatu nilai
variabel bebas.
Nilai Rata-Rata adalah nilai total dibagi dengan jumlah dalam variabel bebas.
o Pendapatan Rata-Rata adalah Nilai Pendapatan Total dibagi kuantitas yang terjual.
o Laba Rata-Rata adalah Nilai Laba Total dibagi kuantitas terjual.
o Biaya Rata-Rata adalah Nilai Biaya Total dibagi dengan kuantitas yang diproduksi.